Home » , » Cara meng-Organisir SANGUINIS POPULER

Cara meng-Organisir SANGUINIS POPULER

Setiap dari diri kita pasti memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan masing- masing. Dalam postingan sebelumnya saya telah membahas kelebihan dari jati diri Anda. Dan sesuai dengan janji saya pada postingan sebelumnya, kali ini saya akan membahas kelemahan terbesar dari seorang Sanguinis dan cara mengatasinya.


Sanguinis dikenal sebagai pribadi yang selalu tampil ceria dan berseri-seri. Namun mereka memiliki beberapa kelemahan yang dapat segera kita kenali seperti sikapnya yang terlalu cerewet, cenderung egois, mudah lupa, tidak tetap pendirian, menyela orang lain dan tidak tertib.

Sikap tersebut seringkali merugikan si Sanguinis sendiri dan sering membuatnya dipandang kekanak-kanakkan. Lantas bagaimana merubah citra tsb :

Terlalu banyak bicara

Seringkali kita merasa sebal dengan si Sanguinis yang terlalu banyak bicara dan mengisi ruang pembicaraan tanpa meninggalkan kesempatan bagi kita untuk bercerita. Bahkan tanpa disadari mereka menceritakan beberapa kisah yang sebelumnya telah diceritakan berulang kali. Maka untuk para Sanguinis, sadarilah bahwa Anda perlu membiarkan orang lain berbicara dan sesekali Anda mendengarkan.

Cobalah untuk meringkas pembicaraan Anda dan berhenti membesar-besarkan cerita Anda. Tidak semua orang menyukai cerita Anda maka belajarlah untuk lebih peka terhadap orang lain yang mungkin bosan dengan apa yang Anda bicarakan.

Mementingkan diri sendiri

Sanguinis adalah pribadi yang haus akan perhatian orang lain. Seringkali mereka menebar pesona mereka agar orang lain memperhatikannya. Entah dengan memamerkan sesuatu yang mereka punyai atau bersikap vokal agar menjadi pusat perhatian. Kehausan mereka akan perhatian membuat mereka lupa akan perasaan orang lain yang juga butuh diperhatikan.  Hal ini juga yang membuat mereka tanpa sadar dengan blak-blakan mengungkapkan argumen mereka.

Maka Sanguinis perlu lebih peka terhadap perasaan orang lain. Jangan melulu selalu ingin didengarkan dan diperhatikan. Cobalah sesekali memberikan perhatian bagi orang lain. Jika Anda seringkali menjadi pembicara, maka cobalah menjadi pendengar dan Anda akan takjub akan pengalaman seru dari orang lain.

Ingatan yang belum dikembangkan

Ini adalah kelemahan yang paling khas dari seorang Sanguinis. Sedikit sedikit lupa. Hal ini sebenarnya sering merugikan mereka sendiri. Cara termudah untuk mengatasi kelemahan ini adalah mencatat segala apapun yang penting dan letakkan catatan tsb di tempat yang selalu Anda lihat.

Teman yang tidak tetap pendiriannya

Mereka adalah pribadi yang tidak suka bertele tele memikirkan sesuatu, hal inilah yang menyebabkan mereka seringkali ikut dengan apa yang diucapkan orang lain tanpa perlu memikirkan akibatnya.

Maka wahai para Sanguinis Populer, cobalah untuk menggunakan kemampuan berpikir Anda dalam menganalisa mana yang harus dan tidak harus dilakukan.

Menjawab untuk orang lain

Sikap mereka yang cerewet seringkali membuat mereka merasa wajib untuk mengisi segala kekosongan dalam pembicaraan. Seperti yang kita bahas, setiap orang memiliki kepribadian yang  berbeda dalam mengungkapkan argumennya.

Maka cobalah untuk memahami kepribadian orang lain yang mungkin tidak seagresif Anda dalam berargumentasi. Sesekali biarkan mereka berpendapat dan Anda akan mendapati bahwa mereka juga sama memukaunya dengan Anda.

Tidak tertib

Kelemahan mereka selanjutnya adalah sikapnya yang tidak tertib dan cenderung menyepelekan segala sesuatu. Sanguinis menganggap dunia dengan positif bagaikan taman bermain dan mereka menjalaninya dengan gembira dan santai.

Sanguinis perlu mengubah pemikirannya bahwa dunia tidaklah seperti taman bermain sehingga mereka harus belajar memahami dan menjalani peraturan yang berlaku.


Moody

Nah ini juga salah satu kelemahan yang mudah dilihat dari seorang Sanguinis. Sebentar marah sebentar bahagia. Sebentar menyukai kegiatan A dan kemudian beralih ke kegiatan B. Fokus mereka seringkali teralihkan akan suatu hal.

Tentunya hal itu merugikan orang lain. Maka cobalah untuk bersikap konsisten terhadap suatu hal dan belajar menenangkan diri ketika terjadi sesuatu. Ingat, Anda harus belajar bertanggung jawab atas sikap Anda.

Ya, demikian saran saya untuk meng-organisir kepribadian SANGUINIS POPULER.  Meskipun mereka memiliki beberapa kekurangan, namun Sanguinis adalah pribadi yang tulus dan berhati baik. Itulah mengapa mereka sering dijuluki kekanak-kanakan. Selain sikapnya yang cenderung ingin diperhatikan, mereka memiliki pola pikir sederhana dan tentunya selalu ingin membuat orang lain di sekitarnya merasa bahagia.

Baca juga Mengenal Potensi Kepribadian Anda

0 komentar:

Post a Comment