Home » » 5 Perbedaan antara Dunia Kerja dan Dunia Sekolah / Kuliah

5 Perbedaan antara Dunia Kerja dan Dunia Sekolah / Kuliah

5 Perbedaan antara Dunia Kerja dan Dunia Sekolah / Kuliah - Pada saat mengenyam dunia sekolah atau kuliah, Anda pasti pernah merasa jenuh dengan tugas tugas yang harus Anda kerjakan, belum lagi uang jajan dari orang tua yang terbatas menyebabkan Anda harus super irit untuk tetap bertahan hidup. Status pelajar atau mahasiswa pun membuat Anda mau tidak mau menjadi bergantung pada orang tua sehingga menunjukkan kesan ketidakmandirian.

Kadang kala Anda merasa iri dengan orang dewasa yang dapat melakukan apapun sesuai keinginan mereka melalui hasil jerih payah mereka, tidak seperti Anda yang masih bergantung pada orang lain. Rasa iri juga sering datang ketika melihat raut para orang dewasa yang terlihat lebih matang dan mapan sehingga membuat Anda tidak sabar untuk terjun ke dunia kerja.

5 Perbedaan antara Dunia Kerja dan Dunia Sekolah / Kuliah


Anggapan yang ada di benak Anda saat itu adalah :
  • Mau cepat kerja, biar bisa beli make up sendiri
  • Kapan ya lulus, capek dikejarin tugas melulu

Dan enntah untuk menghidupi diri Anda sendiri dan keluarga, ataupun semata mata dianggap sebagai tahapan selanjutnya dalam kehidupan, sebagian besar pelajar akan menjadikan dunia kerja sebagai tujuan pasca kelulusan.

Namun ketika Anda dinyatakan lulus, dan berusaha terjun ke dunia kerja, disitulah Anda diharuskan untuk menyadari bahwa dunia kerja tak lebih baik dari dunia sekolah / kuliah, bahkan justru lebih parah.

Berikut ini adalah beberapa hal yang membedakan dunia kerja dengan dunia sekolah / kuliah ;

1. Jam Masuk hingga Jam Pulang

5 Perbedaan antara Dunia Kerja dan Dunia Sekolah / Kuliah

Baik dalam dunia kerja maupun dunia sekolah / kuliah, kedisiplinan dalam menaati jam masuk dan jam pulang menjadi perhatian utama. 

Jika saat Anda sekolah / kuliah, Anda mungkin akan disetrap apabila datang terlambat. Efeknya, Anda akan merasa malu atau mungkin tidak jera dan mengulanginya lagi. Namun, hal ini bukanlah menjadi alasan untuk mengeluarkan Anda dari sekolah / universitas. 

Sedangkan dalam dunia kerja, beberapa kali keterlambatan mengharuskan Anda untuk mendengarkan kuliah tujuh menit dari atasan Anda ataupun bagian SDM. Anda mungkin tidak merasa malu di hadapan orang lain, namun keterlambatan dapat membuat Anda menerima Surat Teguran ataupun Surat Peringatan yang apabila diabaikan dapat menyebabkan Anda dikeluarkan. 

Dalam dunia sekolah / kuliah, Anda dapat mencuri waktu untuk tidur saat guru mengajar ataupun pada saat jam kosong. Dalam dunia kerja, Anda tidak akan mengenal ataupun memiliki waktu untuk tidur pada saat jam kerja. Bahkan, jam kosong tidak ada dalam kamus dunia kerja. 

2. Tugas

5 Perbedaan antara Dunia Kerja dan Dunia Sekolah / Kuliah

Tugas merupakan hal wajib dalam dunia kerja maupun dunia sekolah / kuliah. Dimanapun berada, tugas adalah suatu hal yang berpotensi menyebabkan Anda merasa pusing tujuh keliling. 

Jika pada saat sekolah / kuliah, apabila Anda tidak mengerjakan tugas selain disetrap mungkin Anda akan tinggal kelas. Hal ini menunjukkan bahwa Anda harus bertanggung jawab demi kepentingan diri Anda sendiri. Selain itu, tugas yang diberikan pun dapat diselesaikan secara berkelompok ataupun individu dengan rentang waktu beberapa hari.

Dalam dunia kerja, melalaikan tugas tidak hanya akan membahayakan Anda.namun juga membahayakan orang lain dan juga perusahaan. Tugas yang diberikan pun dapat diberikan sewaktu waktu dan harus diselesaikan dalam waku sesingkat singkatnya. 

3. Pertanggung Jawaban

5 Perbedaan antara Dunia Kerja dan Dunia Sekolah / Kuliah


Jika pada saat sekolah / kuliah, Anda hanya perlu bertanggung jawab atas tugas Anda di hadapan guru / dosen Anda. Sedangkan, dalam dunia kerja Anda tidak hanya bertanggung jawab secara langsung dengan atasan Anda melainkan bertanggung jawab secara tidak langsung dengan divisi lain. 

Apabila dalam dunia sekolah / kuliah Anda tidak bertanggungjawab, maka Anda akan diceramahi oleh guru / dosen Anda. Namun dalam dunia kerja, ceramah bisa Anda dapatkan setiap hari dari atasan Anda ataupun divisi lain. 

Dalam dunia sekolah / kuliah, segala sesuatu hampir dapat diprediksikan. Misalkan, setiap hari Senin Anda akan menjalani upacara ataupun setiap hari Anda harus belajar sebagai antisipasi terhadap ujian mendadak.  

Lain halnya dalam dunia kerja, segala sesuatu sangat complicated dan berhubungan dengan divisi lain sehingga apa yang akan Anda kerjakan esok hari belum tentu sama dan dapat diprediksi. 

4. Reward & Punishment

5 Perbedaan antara Dunia Kerja dan Dunia Sekolah / Kuliah

Target Anda pada dunia sekolah / kuliah adalah memenuhi Kriteria Kelulusan Minimal (KKM) dimana pencapaian Anda akan direview setiap semester atau triwulan dalam pengambilan rapor. Apabila Anda berprestasi, maka nama Anda akan muncul dalam daftar ranking 10 besar sedangkan jika nilai Anda tidak memuaskan maka Anda dapat tinggal kelas.

Sedangkan pada dunia kerja, Anda ditargetkan untuk memenuhi Key Performance Indicator yang akan direview setiap bulannya. Pencapaian Anda dapat dihubungkan dengan benefit yang Anda terima misalkan kenaikan gaji ataupun bonus tambahan. 

5. Sistem Kerja

5 Perbedaan antara Dunia Kerja dan Dunia Sekolah / Kuliah


Dalam dunia sekolah / kuliah, bekerja sama dapat diterapkan dalam situasi tertentu misalkan dalam mengerjakan tugas kelompok. Kerja sama tidak dapat diterapkan pada saat ujian dan merupakan hal yang dilarang. 

Lain halnya dengan dunia kerja yang sarat akan keharusan untuk bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan Anda. Hal ini mengharuskan Anda untuk memiliki kemampuan interpersonal yang baik. 

Pada saat sekolah/ kuliah maupun bekerja, sama sama memiliki aturan dan prosedur. Hanya saja, pada saat bekerja, aturan dan prosedur terkesan lebih kaku dan sulit dijalani. 

Dalam dunia sekolah / kuliah, aturan lebih banyak mengatur atribut yang digunakan, jam masuk, Kriteria Kelulusan Minimal (KKM), prasyarat ujian dan proses remedial. Namun aturan dalam dunia kerja lebih banyak mengatur proses dan aturan dalam melaksanakan pekerjaan dan tidak berpusat pada diri Anda. 

Secara garis besar, hal hal yang Anda jumpai seperti deadline dan omelan dalam dunia sekolah / kuliah masih dapat Anda jumpai dalam dunia kerja. Hanya saja, tekanan yang Anda terima dalam dunia kerja lebih besar dan mengharuskan Anda untuk lebih hati hati karena tindakan yang Anda lakukan akan berpengaruh pada orang lain dan perusahaan. Setiap keputusan yang Anda ambil tidak hanya akan berpengaruh dalam 1 (satu) bulan ke depan melainkan tak terhitung, dalam artian keputusan Anda akan menjadi landasan pengambilan keputusan lain di kemudian hari. 

Demikian sekelumit ulasan 5 Perbedaan antara Dunia Kerja dan Dunia Sekolah / Kuliah.

Semoga Bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment