Home » » Cara Menyesuaikan Diri dengan Sanguinis, Si Periang

Cara Menyesuaikan Diri dengan Sanguinis, Si Periang

Cara Menyesuaikan Diri dengan Sanguinis, Si Periang - Pada postingan sebelumnya, saya telah membahas empat kepribadian beserta ciri ciri mereka dan beberapa kelemahannya. Maka kali ini saya akan membahas bagaimana caranya menyesuaikan diri dengan Sanguinis, si periang / si moody / si cerewet.

Sanguinis sendiri merupakan pribadi yang hangat dan terbuka, selain itu mereka dikenal sebagai pribadi yang fleksibel atau "plin plan". Tidak sulit mengenali mereka, siapa yang memiliki suara nyaring maka dialah Sanguinis.


Meskipun hangat, bukan berarti mudah untuk menghadapi si pelupa satu ini karena bagi beberapa orang, adalah sangat menyebalkan berhadapan dengan sosok Sanguinis yang tidak mudah ditebak. Oleh karena itu, berikut tips yang saya berikan kepada Anda agar dapat lebih mudah berinteraksi dengan si manja satu ini.

Cara Menyesuaikan Diri dengan Sanguinis, Si Periang

Kenali kesulitan mereka dalam mengerjakan tugas

Cara Menyesuaikan Diri dengan Sanguinis, Si Periang

Mereka dikenal sebagai pribadi yang polos, karena polosnya seringkali mereka hanya memikirkan sesuatu secara garis besar dan kurang mendetail. Hal ini seringkali membuat mereka terlihat bodoh, lain halnya dengan melankolis yang mampu mencerna sesuatu hingga ke akarnya. 

Selain pemikirannya yang polos, mereka seringkali sulit mencerna sesuatu meskipun dalam suatu kesempatan mereka dapat mengeluarkan sisi kreatifitasnya. Oleh karena itu, bantulah para sanguinis dalam mengerjakan tugasnya karena keterbatasan mereka dan di sisi lain mereka sangat membutuhkan orang lain yang lebih perfeksionis untuk memastikan pekerjaan yang mereka laksanakan telah diselesaikan dengan baik.

Sadari mereka berbicara tanpa berpikir

Cara Menyesuaikan Diri dengan Sanguinis, Si Periang

Si cerewet ini tentunya seringkali melontarkan kalimat yang kadang menyakitkan, terlalu to the point, atau hal tidak diinginkan lainnya. Sanguinis tertinggal dari melankolis dan plegmatis dalam hal kestabilan emosi sehingga kalimat yang mereka ucapkan seringkali tidak terkontrol. Namun tanpa kita ketahui, Sanguinis selalu menyadari kesalahan mereka dalam berkata kata ketika emosi mereka telah cukup stabil dan mereka dengan rendah hati akan meminta maaf kepada orang lain atas kata katanya yang kurang enak didengar. 

Sadari mereka menyukai variasi dan fleksibilitas

Emosi mereka yang seringkali labil menyebabkan mereka moody dan mengambil keputusan tanpa alasan yang logis. Sanguinis seringkali mengandalkan perasaan, dimana perasaan mereka dapat berubah ubah dalam ritme yang tidak menentu. Mereka cenderung mudah bosan dan menyukai variasi dalam kehidupannya, contoh sederhana mereka akan mengganti menu makan siang mereka dari hari satu ke hari lainnya. 

Tidak hanya cenderung gampang bosan, mereka juga seringkali bertindak tidak konsisten dimana mereka menyebutnya sebagai fleksibilitas. Meski seringkali ketidakkonsistensi mereka membuat kita kesal, namun sadarilah mereka memiliki alasan dalam melakukannya yang mungkin tidak dapat dicerna dengan logika. 

Bantu mereka untuk tidak mengerjakan apa yang tidak dapat mereka kerjakan

Sifat dasar dari seorang Sanguinis adalah haus akan pengakuan. Tidak heran jika mereka rela melakukan apapun asalkan mendapat pengakuan bahkan jika harus membuat mereka bersusah payah. Sayangnya sifat ini seringkali membuat mereka mengiyakan segala hal. Sebagai orang terdekat, ada baiknya Anda menyadarkan konsekuensi jika mereka mengerjakan suatu hal. Meskipun seringkali bertindak kekanak-kanakkan, mereka akan mudah mempercayai sesuatu jika Anda mengemukakannya dengan cukup masuk akal.

Baca juga : Sanguins vs Melankolis

Puji untuk segala sesuatu yang mereka capai 

Cara Menyesuaikan Diri dengan Sanguinis, Si Periang

Motivasi terbesar mereka adalah pengakuan dan kita akan dengan mudah mengenali saat dimana mereka demotivasi dari raut wajah mereka yang ekspresif. Hal yang pertama Anda lakukan adalah berikan mereka pujian atas apa yang telah mereka capai atau miliki, terus tinggikan kedudukan mereka dan buat mereka mendapatkan kepercayaan diri mereka kembali maka mereka akan kembali bersinar. 

Ingat bahwa mereka terpengaruh oleh keadaan 

Keadaan seringkali menjadi alasan Sanguinis untuk tidak melakukan sesuatu secara konsisten. Bagi para melankolis yang hampir selalu bersikap konsisten, sikap dari Sanguinis satu ini bisa jadi tidak dapat ditolerir. Meski demikian, kadang kita tidak dapat menutup kemungkinan bahwa keadaan sekitar menjadi salah satu faktor penentu keputusan dimana keadaan itu sendiri dapat berubah sewaktu waktu tanpa dapat dikendalikan. 

Bawakan mereka hadiah

Cara Menyesuaikan Diri dengan Sanguinis, Si Periang


Cara termudah untuk membangkitkan mood seorang Sanguinis adalah dengan hadiah atau barang pemberian lainnya yang diperuntukkan hanya untuk mereka. Mereka sangat menyukai hal baru dan mood mereka akan kembali membaik saat mengetahui bahwa Anda memberikan mereka perhatian. 

Sadari bahwa mereka bermaksud baik 

Sanguinis sangat menjunjung hubungan interpersonal dan berusaha menghindari konflik atau perdebatan yang merugikan mereka di kemudian hari. Prinsip inilah yang seringkali menyulitkan mereka karena sifat mereka yang sering "terbawa perasaan" membuat mereka bersikap tidak profesional dalam bekerja atau justru membuat mereka berada dalam bahaya karena dilakukan tanpa melalui pertimbangan. 

Demikianlah Cara Menyesuaikan Diri dengan Sanguinis, Si Periang. Hal terpenting adalah pahami karakter mereka yang selalu ingin diperhatikan dan berpikir pendek. Meski menyebalkan, mereka adalah sosok yang tulus dan tanpa pamrih. Upayakan untuk menjaga perasaan mereka, karena meski mereka sering berbicara tanpa berpikir, mereka adalah sosok yang sentimen. Bagaimanapun mereka adalah manusia yang dibalik keterbatasannya mereka memiliki hati yang mulia.

0 komentar:

Post a Comment