Home » » Cara Membedakan Si Realistis dan Si Sensitif

Cara Membedakan Si Realistis dan Si Sensitif

Cara Membedakan Si Realistis dan Si Sensitif - Mengenal karakter orang lain merupakan salah satu hal yang dapat membantu kita dalam berinteraksi dan mencapai tujuan kita. Selain karakter sanguinis, koleris, melankolis dan plegmatis, dalam keseharian kepribadian seseorang juga dilihat dari cara berpikirnya, apakah menggunakan logika atau perasaan.
Meskipun wanita dikenal cenderung menggunakan perasaannya dalam berpikir, tidak dapat dipungkiri bahwa ada banyak pula wanita yang memilih menggunakan logika. Hal ini membuktikan bahwa gender tidak dapat menjadi tolak ukur kepribadian seseorang.

Namun untuk membedakan orang yang lebih dominan menggunakan logika (realistis) dan menggunakan perasaan) sensitif, tidaklah sulit. Anda dapat mengenali mereka dari beberapa hal berikut ;

Cara Membedakan Si Realistis dan Si Sensitif

Cara Pengambilan Keputusan

Si Realistis

Akan mempertimbangkan sebab akibat dari keputusan yang akan ia ambil sehingga ia dapat dengan yakin mengambil sebuah keputusan dan siap bertanggung jawab atas keputusan tersebut. Ia akan dengan mudahnya mengemukakan alasan logisnya yang dapat membuat orang lain berpikiran sama.

Si Sensitif

Cenderung berpikir pendek akan suatu hal sehingga keputusan yang ia ambil dapat terombang ambing dan berubah sewaktu waktu karena memang ia kurang mempertimbangkan sebab akibatnya. Ia bahkan sulit mengemukakan alasan pengambilan keputusan 

Cara Berinteraksi 

Si Realistis

Cenderung cuek dan blak blakan. Ia cenderung memiliki pemikiran yang keras atas sesuatu yang membuatnya bersikukuh untuk mempertahankan pemikirannya selama ia yakini itu benar. Ia bukanlah tipe orang yang mudah mengambil hati orang lain dengan sikap menyenangkan melainkan dengan kecerdasannya. Ia bahkan tidak peduli jika harus bersitegang dengan orang lain selama ia berada dalam posisi benar.

Si Sensitif

Mudah membaur dengan orang lain, namun juga sering merasa sakit hati karena orang lain. Meski demikian, ia akan berusaha menjaga perasaan orang lain dan memastikan hubungannya dengan orang lain terhindar dari konflik. Hal ini pula yang sering membuat mereka dimanfaatkan orang lain atau mengorbankan kepentingan mereka demi orang lain. Namun sikapnya yang hangat dan tulus membuat orang lain merasa nyaman berteman dengannya.

Cara Mengemukakan Sesuatu

Si Realistis

Ia akan memilih mengemukakan gambaran detail dari sesuatu, sedemikian rinci hingga terkadang orang lain merasa bingung mengenai inti pembicaraan. Seringkali mereka dikenal bertele tele dalam menyampaikan sesuatu.

Si Sensitif

Ia akan memilih mengemukakan gambaran umum dari sesuatu sehingga orang lain segera paham inti dari pembicaraan. Namun seringkali mereka tidak memperhatikan detail dan sulit mengemukakan detail sesuatu.

Jika dalam 4 kepribadian yang telah saya jelaskan pada postingan sebelumnya, kepribadian koleris dan melankolis cenderung berpikir menggunakan logika. Sebaliknya, sanguinis dan plegmatis cenderung menggunakan perasaan.

Hal ini yang menyebabkan perbedaan orientasi bagi mereka dimana koleris serta melankolis mengedepankan aspek pekerjaan, lain halnya dengan sanguinis serta plegmatis yang mengedepankan aspek inter personal.

0 komentar:

Post a Comment