Home » » Tips Menghadapi Atasan yang Moody

Tips Menghadapi Atasan yang Moody

Salah satu dari Anda mungkin memiliki pengalaman berhadapan dengan pribadi dengan sifat moody, gampang marah dan gampang kesal kemudian. Berhadapan dengan sosok dengan emosi yang meledak ledak memang seringkali terkesan menyebalkan, terkadang ia akan marah kepada orang lain atas kesalahan yang ia perbuat lalu bersikap biasa saja setelahnya. Biasanya sifat ini melekat pada karakter Sanguinis.

Baca juga : Cara Menyesuaikan Diri dengan Sanguinis, Si Periang

Pada umumnya, mereka mood mereka akan memburuk ketika terjadi sesuatu yang membuat mereka tidak nyaman atau ketika keinginannya tidak tersampaikan. Perasaan badmood ataupun goodmood mereka dapat dengan mudah kita ketahui dari raut wajah mereka yang cenderung ekspresif.



Meski terkesan menjengkelkan, jika Anda mampu memperlakukan mereka dengan baik dan memberikan mereka rasa nyaman, maka mereka akan menyayangi dan berusaha menghargai kita. Jika sosok ini merupakan atasan Anda, maka ada baiknya Anda menerapkan beberapa hal di bawah ini agar dapat meningkatkan citra Anda di matanya.


  • Abaikan mereka 
Ada baiknya jika mood mereka memburuk Anda bergegas menjauhinya dan tidak membuat interaksi dengannya karena hal ini hanya akan membuat ia merasa buruk dan pada akhirnya menumpahkan kekesalannya pada Anda.
  • Kenali kesukaan mereka
Ketika mereka mengalami bad mood, coba berikan sesuatu hal yang mereka gemari misalkan makanan. Mood mereka yang gampang berubah ubah akan kembali membaik setelah menerima hal yang sangat ia sukai meskipun sebelumnya ia menampilkan sikap tidak ingin diganggu

  • Selalu libatkan mereka 
Dalam hal di luar pekerjaan, upayakan untuk selalu melibatkannya dalam beberapa kegiatan misalkan hangout ataupun makan siang bersama. Karena sosok moody sangat bergantung pada perasaan, maka mereka akan merasa diabaikan jika Anda tidak melibatkan mereka dalam kegiatan yang diikuti oleh Anda dan sebagian teman Anda.

  • Ajak ia berbicara 
Ketika mood mereka dalam kondisi baik, umumnya mereka akan bercerita atau berbicara tentang banyak hal. Upayakan diri Anda agar dapat mengimbangi pembicaraan yang ia katakan karena hal ini membuktikan padanya bahwa Anda adalah pribadi yang pandai bergaul.
  • Jadilah pendengar yang baik 
Ketika ia mengomel akan suatu hal, dibanding memberikan saran lebih baik Anda mendengarkan omelannya terlebih dahulu hingga ia merasa lega. Bukan mereka tertutup pada masukan, namun ketika ia meluapkan emosinya hal pertama yang ia inginkan adalah pelampiasan bukan saran.
  • Pahami jika mereka seringkali plin plan 
Jika perasaan saja mudah berubah, maka begitupun keputusan yang ia buat. Ia bisa jadi mengubah keputusannya jika menemukan hal lain yang dianggap lebih baik karena pada umumnya mereka berbicara berdasar perasaan bukan logika. 


Demikianlah beberapa tips yang dapat saya berikan. Meskipun seringkali menyebalkan, sebagai rekan kerja dan teman ada baiknya Anda memahami sifat mereka karena mereka sendiri pun tidak ingin terlahir dengan sifat tersebut dan kita tidak tahu upaya mereka untuk berusaha tidak menyakiti kita.

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment