Home » » Renungan : Apakah Anda sedang bekerja atau dikerjain ?

Renungan : Apakah Anda sedang bekerja atau dikerjain ?

Bekerja adalah suatu kegiatan yang kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup terutama kebutuhan material seperti papan, pangan dan sandang. Lokasi kerja pun seringkali lebih mirip menjadi rumah pertama kita dibanding rumah kita sendiri dikarenakan banyaknya waktu yang dihabiskan untuk bekerja.

Di Indonesia sendiri, rata rata jam kerja adalah 8 jam kerja setiap harinya belum lagi ditambah lamanya waktu yang ditempuh untuk perjalanan. Bagi yang bekerja di kantoran mungkin seringkali mendengar istilah "berangkat gelap pulang gelap" untuk menggambarkan betapa sibuknya mereka dalam bekerja.



Dalam bekerja tentunya kita akan mencurahkan segenap pikiran dan tenaga kita, tidak hanya untuk mendapatkan imbalan berupa gaji namun juga untuk mendapatkan jenjang karir dan pengakuan. Bahkan tak jarang ketika berada di rumah bersama keluarga, pikiran Anda tetap tertuju pada pekerjaan. Jika diingatkan kembali, sebenarnya apa tujuan Anda bekerja hingga Anda rela mengerahkan waktu dan tenaga yang Anda miliki ?

Tentu Anda masih mengingat jelas, tujuan Anda bekerja adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup Anda dan juga keluarga Anda agar Anda dan keluarga merasa bahagia. Anda mungkin seringkali berpikir, bagaimana Anda dan keluarga dapat merasakan bahagia jika kebutuhan primer belum terpenuhi. Itulah sebabnya Anda rela kelelahan dalam bekerja hingga akhirnya dengan tekad yang kuat Anda dapat menduduki posisi yang tinggi di tempat Anda bekerja.

Ketika Anda berada di posisi yang lebih tinggi, Anda tak lagi mengeluh soal materi. Prestise Anda pun naik, Anda merasa bangga akan pencapaian karir Anda. Anda menjadi orang yang paling dibutuhkan di perusahaan Anda hingga tanpa disadari Anda telah mengabaikan diri Anda sendiri. Makan seringkali telat, ibadah terlewatkan, jam tidur berkurang namun Anda tetap mengatakan pada diri Anda sendiri bahwa Anda kuat.

Tidak hanya mengabaikan diri Anda, Anda juga mengabaikan keluarga. Pulang larut malam ketika anak telah tertidur, Anda kehilangan waktu untuk bercengkrama lebih lama dengan pasangan dan anak.

Di suatu waktu, Anda akan mendambakan untuk memiliki waktu bercengkrama dengan keluarga Anda lebih lama. Namun apa daya, profesionalitas dalam bekerja tetap harus dijunjung. Pada titik inilah Anda menyadari betapa kurangnya waktu yang Anda habiskan untuk keluarga dan Anda kembali bertanya, "inikah yang saya inginkan"? Kurang memiliki waktu untuk keluarga, mengabaikan diri sendiri, itukah yang Anda inginkan ?

Sebelum semuanya terlambat, silahkan diperjelas kembali apa tujuan Anda bekerja. Jawabannya adalah agar Anda dan keluarga bahagia. Lalu, apakah bahagia hanya sekedar soal materi ? Tentu tidak, bukankah bahagia adalah ketika Anda dapat menyenangkan hati orang yang Anda sayangi ? Bukankah Anda merasa bahagia ketika melihat orang yang Anda sayangi tertawa ?

Jika dipikir kembali, jika Anda sakit apakah perusahaan akan merasa kehilangan ? Jawabannya adalah tidak, mereka akan mencari karyawan lain untuk menggantikan Anda. Namun tidak dengan keluarga dan orang terdekat Anda, bagi mereka Anda tidak dapat digantikan.

Oleh karena itu, perbanyaklah waktu Anda dengan keluarga dan orang terdekat. Selesaikan pekerjaan Anda tepat waktu agar Anda dapat pulang lebih cepat dan tidak perlu memikirkan pekerjaan ketika berada di rumah. Ketika Anda berada di kantor, maka Anda harus melupakan permasalahan di rumah, begitupun jika di rumah. Lupakanlah permasalahan di kantor dan fokuslah pada keluarga Anda.

Hanya karna Anda butuh, bukan berarti Anda akan memberikan apapun. Pada akhirnya, yang akan menemani Anda dan tetap setia adalah keluarga Anda maka sebelum terlambat sapalah keluarga Anda dan buatlah mereka tersenyum.


0 komentar:

Post a Comment