Home » » Kantor Lama = Mantan = Masa Lalu ?

Kantor Lama = Mantan = Masa Lalu ?

Apa yang sudah terjadi biarlah menjadi masa lalu, itulah ungkapan yang sering dikatakan ketika kita ingin mencoba melupakan hal yang terjadi dan fokus menghadapi keadaan saat ini.

Bicara mengenai masa lalu, atau hal yang telah terjadi di waktu yang lalu, kita akan bicara mengenai banyak hal. Keluarga, dunia sekolah, percintaan, dunia kerja dan sebagainya. Semasa hidup, di dalam masa lalu kita tentu tersimpan banyak kenangan manis yang ingin selalu kita kenang dan juga kenangan pahit yang ingin kita hapus dari ingatan.

Meskipun kita tak dapat mengulang kembali waktu yang telah berlalu, dan kita juga tidak bisa menghapus ingatan kita tentang kenangan pahit kita, namun di dalam masa lalu, tersimpan sebuah pelajaran yang berarti yang berguna untuk kita pelajari di waktu yang akan datang.

Begitu pula dengan dunia kerja, ketika kita mengundurkan diri dari sebuah perusahaan, maka akan ada kesan yang kita ingat dari perusahaan tersebut. Kesan tersebut terbentuk dari pengalaman Anda selama bekerja di perusahaan tersebut. Perasaan puas atau kecewa akan kita rasakan ketika meninggalkan perusahaan tersebut.

Pada mulanya, mengundurkan diri memang terasa berat terutama jika belum menemukan pekerjaan pengganti, namun lama kelamaan kita telah terbiasa dan perusahaan tempat kita pernah bekerja akan terlupakan beserta kenangannya. Terlupakan dan perlahan menjadi bagian dari masa lalu, entah manis atau pahit.

Kenangan manis akan terus kita kenang sepanjang usia, namun kenangan buruk yang terbentuk di perusahaan Anda sebelumnya (kantor lama) juga wajib Anda kenang seumur hidup. Meski pahit dan sakit, pengalaman kerja kita di sebuah perusahaan akan terus tercatat di Daftar Riwayat Hidup Anda, lembar kehidupan karir Anda, meski Anda tidak cantumkan sekalipun.

Kantor lama adalah satu hal penting yang harus Anda pelihara sepanjang usia Anda, karena beberapa alasan berikut ;

Bukti Keahlian Kerja Anda

Pengalaman kerja Anda di perusahaan sebelumnya tentunya menjadi nilai tambah bagi Anda untuk melamar pekerjaan di perusahaan lain. Selaras atau tidaknya pekerjaan yang pernah Anda jalani menunjukkan bagaimana kemampuan Anda. Oleh sebab itu, adalah mustahil bagi kita untuk menganggap kantor lama adalah masa lalu. 

Referensi dalam Mencari Kerja

Dalam mencari pekerjaan tentu sering kali ditanyakan siapakah orang yang dapat memberikan referensi bahwa kita memiliki kinerja yang baik. Sayangnya seringkali hal ini dilupakan, atau bahkan diisi dengan rekan kerja yang tidak benar benar memantau pekerjaan Anda dengan baik. Binalah hubungan yang baik dengan atasan Anda, dengan demikian mereka bersedia memberikan referensi atas kinerja Anda. Inilah mengapa mantan atasan tidak hanya sekedar mantan, namun mereka juga berpengaruh dalam karir Anda ke depannya. 



Relasi 

Sore ini saya mendapat kunjungan dari rekan kerja saya selama bekerja di PT Titan Sarana Niaga. Beliau adalah perempuan yang cukup berumur dan bahkan lebih tua dari ibu saya sendiri. Selama saya bekerja di PT Titan Sarana Niaga, tentu saya pernah bertindak seperti anak kecil di depannya. Namun hati kecil saya menyayanginya lebih dari sekedar rekan kerja melainkan keluarga. Saya tidak tahu apa sebabnya, saya tidak tahu mana yang lebih dulu, apakah karena saya sayang maka dia sayang atau karena dia sayang maka saya sayang ? Hmm, cukup membingungkan. 

Mendapat kunjungan seperti ini saya merasa bahagia. Rekan kerja saya, dimana kami telah berpisah cukup lama, ternyata ia masih mengingat saya, menghargai saya hingga ia rela mengunjungi saya. Saya yakin Anda memiliki cerita serupa dengan saya. 

Mantan rekan kerja bukan mantan sembarangan, jika kita mampu menjaga silaturahmi dengan baik mereka akan membukakan pintu rezeki kita di masa yang akan datang. Tidak percaya ? 

  • Kalau Anda butuh pekerjaan, Anda dapat menghubungi mantan rekan kerja Anda untuk menanyakan apakah mereka memiliki informasi lowongan kerja
  • Jika mereka mengunjungi Anda, mereka akan menjadi tamu Anda yang berarti menjadi pintu rezeki Anda
  • Ketika Anda berniat memulai bisnis, mereka akan menjadi sasaran utama yang dituju
Kalau hubungan dengan mantan rekan kerja tidak baik, maka sama artinya dengan memutus silaturahmi Anda dan menutup pintu rezeki Anda. 

Media Perbaikan Diri

Sebagian dari Anda mungkin ingin melupakan pengalaman kerja di kantor lama karena adanya kenangan buruk. Entah karena atasan galak, gaji kurang sesuai atau performance diri Anda yang kurang. Namun, jadikanlah hal ini sebagai pembelajaran Anda agar tidak mengulangi hal yang sama. Agar Anda tidak kembali memperoleh kenangan buruk di kemudian hari. Jika Anda melupakan bagian masa lalu ini, maka darimana Anda akan belajar memperbaiki diri ?

Oleh karena itu, kantor lama kita memang telah menjadi mantan. Namun beda dengan mantan kekasih yang wajib dilupakan ketika mendapat kekasih baru, mantan kita dari kantor lama tidak dapat dilupakan karena mereka akan menunjukkan akan menjadi siapa Anda di kemudian hari. 
 

0 komentar:

Post a Comment