Home » » Sudah Apply Lowongan Kerja di Jobstreet, Tapi Kok Belum Dipanggil ?

Sudah Apply Lowongan Kerja di Jobstreet, Tapi Kok Belum Dipanggil ?

"Saya sudah melamar ke PT A, B, C, D dan sekitar 50 perusahaan lainnya, tapi kenapa sampai sekarang saya belum dipanggil" itu adalah beberapa hal yang sering dikeluhkan oleh para pencari kerja yang tengah aktif mencari pekerjaan di situs pencari kerja seperti Jobstreet.

Mengapa saya ambil contoh Jobstreet ? Karena menurut situs dunia karyawan, Jobstreet merupakan situs kedua yang dipercaya para pencari kerja setelah JobsDB. Namun pada postingan saya kali ini, saya akan membahas bagaimana sudut pandang seorang HRD dalam melakukan screening melalui Jobstreet.



Anda tentu sudah tidak asing dengan situs Jobstreet sendiri yang sedikit banyak telah membantu Anda dalam mencari pekerjaan. Sayangnya, tidak semua kandidat berhasil mendapatkan pekerjaan melalui Jobstreet, padahal kompetensi yang dia miliki cukup baik.

Loh kenapa ? Dalam 1 hari seorang recruiter akan menerima banyak aplikasi lamaran untuk sebuah posisi, ditambah lagi dengan banyaknya aplikasi lamaran dari posisi lain. Ini belum ditambah dengan pekerjaan lain seorang recruiter seperti melakukan tes dan interview pada kandidat, scoring, dan pekerjaan lainnya. Jika Anda berpikir seorang recruiter akan "asal" memanggil kandidat, maka anggapan Anda salah besar. Seorang recruiter dapat dengan mudah menolak seorang kandidat berdasarkan aplikasi lamarannya.

Berikut adalah beberapa hal yang biasanya diperhatikan oleh recruiter dalam menerima aplikasi lamaran di Jobstreet :

Tidak mengisi pengalaman kerja



HRD akan segera menolak aplikasi lamaran kerja yang tidak menjelaskan apa posisi pekerjaan terakhirnya padahal seorang recruiter membutuhkan informasi, apakah kandidat tersebut kompeten bekerja di bidangnya. Dibanding membuang waktu untuk mencari tahu apa pekerjaan terakhirnya, recruiter akan memilih fokus untuk mencari kandidat lain. 

Latar belakang pengalaman kerja yang tidak sesuai

Namun jika Anda telah mengisi posisi pekerjaan terakhir Anda dan tidak mendapat titik terang, maka hal ini dapat menandakan bahwa latar belakang pekerjaan Anda tidak sesuai dengan kualifikasi pekerjaan yang dibutuhkan. Misalkan, posisi yang dibuka adalah Finance & Accounting Staff, dan Anda melamar dengan latar belakang pekerjaan sebagai seorang sales selama 3 tahun. Disamping latar belakang pekerjaan yang tidak sesuai, karakter seorang sales bertolak belakang dengan karakter yang dibutuhkan oleh seorang finance sehingga recruiter biasanya akan mengabaikan aplikasi tersebut. 

Tidak teliti 


Kesalahan tersebut memang terlihat sepele, namun dapat menunjukkan bahwa Anda adalah pribadi yang teliti. Bayangkan jika Anda melakukan kesalahan tersebut ketika melamar di posisi yang membutuhkan ketelitian, recruiter tentu tidak akan menoleransi kesalahan ini. 

Tidak mengisi informasi uraian pekerjaan


Jika Anda tidak melakukan kesalahan di atas namun undangan tes belum Anda terima, maka bisa jadi Anda melupakan untuk mengisi informasi uraian pekerjaan yang telah Anda kerjakan. Hal ini menunjukkan bahwa Anda malas dan tidak antusias dalam mencari kerja. 

Kualifikasi yang tidak sesuai

Namun ada kalanya ketika Anda tidak mengabaikan hal di atas dan aplikasi Anda ditolak, hal ini menunjukkan bahwa kualifikasi Anda tidak sesuai. Misalkan, kandidat yang dibutuhkan adalah kandidat yang tidak sedang menjalani kuliah, namun status Anda saat ini sedang melanjutkan kuliah, maka recruiter akan menolak aplikasi Anda. Meski terkesan menghakimi, namun recruiter memilah kandidat berdasarkan permintaan user dan user sendiri memiliki pertimbangan dalam keputusan tersebut. 

Oleh karena itu, melalui Jobstreet, jual kompetensi diri Anda sebaik mungkin karena sebagian besar recruiter tidak ingin menambah pekerjaannya dan dengan harus mengunduh CV yang telah Anda unggah. Satu lagi, jangan lupa untuk mengisi :

Why hire me ?


Dengan Anda mengisi uraian ini, Anda telah mengeluarkan effort lebih agar diterima di perusahaan yang Anda lamar dan menunjukkan besarnya antusias Anda. Recruiter akan lebih menghargai aplikasi yang disertai dengan uraian Why hire me?

Demikian penjabaran saya tentang mengapa Anda tidak kunjung mendapat panggilan kerja di Jobstreet. Gambar yang saya lampirkan adalah tampilan Jobstreet dari akun Siva perusahaan dan diharapkan Anda dapat mengkoreksi diri dengan membandingkan apa yang dilihat oleh seorang recruiter. 

Selamat mencoba !

0 komentar:

Post a Comment